Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka Senin-Jum'at 07.00 s/d 20.00, Sabtu-Minggu 07.00 s/d 19.00
Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : strip cek, alat cek up, kolostomi bag, stetoskop, nebulizer, kursi roda, alat cauter, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, tensimeter, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Melayani Anda Layaknya Saudara
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Kenali Penyebab Dan Gejala Diabetes Di Usia Muda

Kenali Penyebab Dan Gejala Diabetes Di Usia Muda

Diposting pada 19 December 2018 oleh mastha medica

Banyak orang berpikir bahwa diabetes hanya bisa terjadi pada mereka yang sudah berusia lebih tua. Padahal, tidak demikian. Semakin meluasnya gaya hidup yang buruk, hal ini membuat diabetes jadi penyakit yang juga bisa menyerang mereka yang berusia lebih muda. Lantas, apa penyebab dan Gejala diabetes di usia muda? Cari tahu jawabannya dalam artikel ini.

Penyebab Diabetes Di Usia Muda

Berikut ini penyebab diabetes di usia muda yang harus Anda ketahui:

1. Disfungsi pankreas

Disfungsi pangkreas biasanya terjadi pada orang yang memiliki diabetes tipe 1. Kondisi ini terjadi saat pankreas tidak mampu memproduksi insulin yang diperlukan untuk memecah makanan dan mengubahnya menjadi energi.

Nah, jika pankreas tidak bisa bisa menghasilkan insulin yang cukup atau justru tidak bisa sama sekali memproduksi insulin, ini akan meningkatkan kadar gula darah dan menyebabkan diabetes.

2. Keturunan

Diabetes bersifat turun-temurun. Ini bukan berarti pasti Anda akan terkena diabetes apabila ayah atau ibu Anda mengidapnya. Namun, hal ini berarti bahwa Anda berpeluang lebih besar untuk terkena penyakit tersebut jika Anda memiliki orang tua, saudara kandung, atau kakek dan nenek yang mengalaminya.

3. Infeksi virus

Infeksi virus dapat menghancurkan atau merusak sel-sel dalam tubuh orang yang berusia muda. Hal ini juga dapat memicu respon autoimun yang berdampak buruk pada fungsi pankreas sehingga bisa menyebabkan diabetes. Beberapa infeksi virus yang dapat menyebabkan diabetes meliputi, coxsackievirus B, cytomegalovirus, adenovirus, rubella dan gondong.

4. Obesitas

Selain tiga hal yang sudah disebutkan di atas, salah satu faktor utama lainnya yang dapat menyebabkan orang yang berusia muda rentan terkena diabetes adalah obsitas. Obesitas atau berat badan berlebih akan mencegah tubuh merespon insulin.

Selain itu, obesitas sentral alias kelebihan lemak di perut juga bukan hanya jadi faktor utama seorang yang berusia muda rentan mengalami diabetes, tetapi juga berbagai penyakit kardiovaskular lainnya. Itu sebabnya, jika Anda memiliki berat badan berlebih, ada baiknya Anda menurunkan berat badan secara bertahap sampai mencapai berat badan yang ideal.

5. Pola makan yang buruk

Anak muda rentan sekali mengonsumsi makanan tidak sehat seperti junk food setiap hari. Padahal pola makan yang buruk tidak hanya akan meningkatkan risiko Anda terkena diabetes saja, namun masalah kesehatan lainnya seperti kenaikan berat badan, tekanan darah tinggi, dan bahkan penyakit jantung.

Itu sebabnya, penting bagi para semua orang, terutama selama masa pertumbuhan untuk lebih memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsinya setiap hari. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan bergizi seimbang dari buah dan sayuran. Jangan lupa, hindari segala hal yang bisa memicu Anda mengonsumsi makanan manis. Bila perlu, gunakan pemanis non gula dan rendah kalori dalam asupan makanan dan minuman manis yang Anda konsumsi sehari-hari.

6. Rokok dan alkohol

Kecanduan alkohol dan kebiasaan merokok juga bisa jadi faktor yang menyebabkan anak muda berisiko tinggi menderita diabetes. Kebiasaan yang tidak sehat ini bisa mengganggu aktivitas metabolisme tubuh dan mempengaruhi produksi insulin.

7. Stres berlebihan

Stres merupakan faktor penting yang dapat memicu diabetes. Tidak hanya bagi orang dewasa saja, stres kini juga banyak dirasakan para anak muda karena tugas di sekolah/kampus, tekanan teman sebaya dan masalah sosial.

Hal ini tidak jarang membuat banyak anak muda jadi ngidam makanan manis untuk sekedar meredakan stres dan memperbaiki suasana hati mereka. Padahal, tanpa mereka sadari konsumsi makanan manis di saat-saat seperti itu akan membuat mereka mengonsumsi makanan manis lebih banyak yang berdampak langsung pada risiko diabetes.

8. Kurang tidur

Remaja, khususnya anak muda sering terjaga hingga tengah malam (begadang) yang membuat mereka tidak bisa mendapatkan tidur yang cukup. Padahal, tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan Anda. Pasalnya, kurang tidur membuat ritme sirkandian terganggu sehingga memicu perubahan hormon tubuh, termasuk insulin yang mengatur gula darah. Nah, hal ini membuat kurang tidur akut bisa meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes.

9. Males gerak

Sebagian besar anak muda saat ini lebih banyak menghabiskan waktu bermain game dan menonton TV di depan layar, bukan olahraga luar ruangan. Padahal kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan perlambatan metabolisme dalam tubuh, sehingga mereka berisiko tinggi terkena diabetes di usia muda.

Dengan beraktivitas fisik, ini akan membuat Anda terhindar dari risiko obesitas, si faktor risiko utama diabetes. Selain itu aktivtas fisik juga akan membuat sel otot lebih sensitif terhadap insulin yang bertugas untuk membantu mengendalikan kadar gula dalam tubuh. Di samping itu, aktivitas fisik juga mampu menyeimbangkan kadar glukosa dalam darah.

Gejala Diabetes Di Usia Muda

1. Sering haus

Minum air putih emang bisa menjaga kadar ari dalam tubuh kamu, tapi jika keseringan haus (bukan karena habis olahraga) menjadi tanda bahwa kadar gula darah meningkat.

2. Sering buang air kecil

Penderita diabetes punya kelebihan gula dalam aliran darah mereka. Oleh sebab itu, tubuh akan berusaha membuat kelebihan gula lewat urin. Semakin sering buang air kecil, terutama di malam hari, bisa menjadi ciri-ciri dasar penyakit diabetes.

3. Banyak makan

Tanpa disadari, saat kadar gula darah naik sel-sel tubuh juga memerlukan banyak oksigen dan energi yang hanya bisa didapatkan dari makanan. Sehingga mayoritas penderita diabetes sering merasa lapar sehingga berat badan mereka bertambah.

4. Mudah Lelah

Meskipun sudah makan banyak, tapi tubuh masih terasa capek? Nah, itu dikarenakan glukosa dalam darah meningkat sehingga beberapa sel dalam tubuh kekurangan oksigen.

5. Pandangan kabur

Kadar gula darah yang terlalu tinggi di dalam tubuh akan menyebabkan lensa mata membengkak sehingga menyebabkan gangguan penglihatan.

6. Luka sulit sembuh

Kurangnya sel darah putih di dalam tubuh pada penderita diabetes menyebabkan proses penyembuhan luka di tubuh mereka lebih lama sembuhnya jika dibandingkan dengan orang yang tidak mengidap diabetes.

7. Sering kesemutan di tangan dan kaki

Pengidap diabetes tipe 2 memiliki risiko kerusakan saraf ringan yang menyebabkan kesemutan di tangan dan kaki. Biasanya gelaja ini akan berlangsung cukup sering, baik saat sedang beraktivitas atau sedang tidur di malam hari.

8. Berat badan turun drastis tanpa sebab

Berat badan yang turun drastis tanpa sebab yang pasti adalah suatu indikasi bahwa tubuh sedang membutuhkan insulin.

Untuk memastikan diagnosis diabetes perlu dilakukan pemeriksaan seperti pemeriksaan gula darah (gula darah puasa dan gula darah 2 jam setelah makan) dan juga pemeriksaan benda keton di urin. Lakukan konsultasi ke dokter terdekat untuk memastikan gejala yang muncul apakah memang gejala penyakit diabetes atau hal lain.

 

Semoga Bermanfaat 🙂

El

 

Link Produk Terkait :

Jual Alat Tes Kolesterol dan Gula SD LipidoCare Analyzer

Jual ON CALL EZ II Alat Tes gula Darah ACON USA

Jual Paket Alat Cek Up dan Strip Tes Gula Darah On Call Plus

Bagikan informasi tentang Kenali Penyebab Dan Gejala Diabetes Di Usia Muda kepada teman atau kerabat Anda.

Kenali Penyebab Dan Gejala Diabetes Di Usia Muda | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Kenali Penyebab Dan Gejala Diabetes Di Usia Muda

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 17%
Rp 450.000 Rp 543.000
Ready Stock
SIDEBAR
})