Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka Senin-Jum'at 07.00 s/d 20.00, Sabtu-Minggu 07.00 s/d 19.00
Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : strip cek, alat cek up, kolostomi bag, stetoskop, nebulizer, kursi roda, alat cauter, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, tensimeter, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Melayani Anda Layaknya Saudara
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Kadar Gula Darah Normal Dalam Tubuh

Kadar Gula Darah Normal Dalam Tubuh

Diposting pada 12 October 2018 oleh mastha medica

Pada orang yang tidak mengidap diabetes, fungsi insulin masih normal sehingga dapat mengontrol dan mendapatkan kadar gula darah normal di dalam tubuhnya. Berbeda dengan orang yang mengidap diabetes, yang sudah mengalami kerusakan pada fungsi insulin.

Insulin merupakan hormon yang mengubah glukosa supaya bisa digunakan oleh sel-sel tubuh sebagai energi. Insulin diproduksi oleh pankreas dan dilepaskan ke tubuh saat jumlah glukosa dalam darah meningkat. Pada orang diabetes, karena fungsi insulinnya sudah rusak, maka tubuh tidak dapat menggunakan glukosa dengan baik dan kehilangan kontrol kadar gula darah dalam tubuhnya.

Oleh karena itu, orang dengan diabetes harus selalu mengontrol pola hidupnya agar dapat membantu tubuhnya dalam mengontrol kadar gula darah. Mereka disarankan untuk selalu mengonsumsi makanan yang tepat, berolahraga secara teratur, minum obat secara teratur, dan mengurangi stres.

Untuk mengetahui apakah gula darah Anda normal, maka ada beberapa tes darah yang biasanya dilakukan. Tes darah ini dilakukan rutin oleh pengidap diabetes untuk mengetahui apakah penyakitnya masih terkendali atau tidak. Masing-masing tes gula darah memiliki metode dan kadar normal yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa pemeriksaan gula darah yang lazim dilakukan.

1. Tes gula darah puasa

Pemeriksaan ini mewajibkan Anda untuk puasa sebelumnya. Biasanya, puasa yang dianjurkan memakan waktu kurang lebih 8 jam. Karena cek gula darah puasa dilakukan di pagi hari, maka pasien diminta untuk tidak makan dan minum di tengah malam.

Sejauh ini, pemeriksaan gula darah puasa dianggap sebagai pemeriksaan yang cukup diandalkan untuk mendiagnosis penyakit diabetes. Kadar gula darah yang dianggap normal pada pemeriksaan ini yaitu:

  • Normal: di bawah 100 mg/dl
  • Prediabetes: 100-125 mg/dl
  • Diabetes: 126 mg/dl atau lebih

2. Tes gula darah 2 jam postprandial (PP)

Tes gula darah 2 jam postpandrial adalah kelanjutan dari tes gula darah puasa. Jadi, kalau Anda sudah diambil sampel darahnya setelah puasa 8 jam penuh, Anda akan diminta untuk makan seperti biasa. Kemudian selang 2 jam setelah makan, kadar gula darah Anda akan dicek kembali.

Sebenarnya wajar jika kadar gula darah melonjak setelah waktu makan. Hal ini terjadi baik pada orang sehat maupun penderita diabetes. Namun, pada orang yang sehat, kadar gula darah akan kembali normal setelah 2 jam ia makan.

Ini disebabkan karena hormon insulin mereka bekerja dengan baik untuk menurunkan kadar gula darah. Kondisi ini yang tak terjadi pada penderita diabetes, hormon insulin mereka sudah tidak bisa bekerja dengan normal. Maka dari itu gula darah mereka akan tetap tinggi meski 2 jam setelah makan. Berikut adalah kadar normal dari pemeriksaan gula darah 2 jam postprandial.

  • Normal: kurang dari 140 mg/dl
  • Prediabetes: 140-199 mg/dl
  • Diabetes: 200 mg/dl atau lebih

3. Tes gula darah sewaktu

Tes gula darah ini dilakukan kapan saja, tidak perlu puasa sebelumnya atau bisa dibilang tanpa syarat. Namun, pemeriksaan ini biasanya hanya diterapkan pada penderita diabetes saja. Jadi, jika Anda sudah memiliki alat cek gula darah di rumah, Anda bisa melakukan pemeriksaan ini secara mandiri. Inilah kategori kadar gula darah Anda menurut tes gula darah sewaktu.

  • Normal: di bawah 200 mg/dl
  • Diabetes: lebih dari 200 mg/dl

Mengecek kadar gula darah dalam tubuh di rumah

Hasil gambar untuk alat cek gula mastha medica

Sekarang ini banyak yang menjual alat cek gula darah yang sederhana. Alat tersebut sebenarnya bisa Anda manfaatkan untuk memantau kadar gula darah sewaktu. Apalagi jika Anda mengonsumsi obat yang menekan gula darah sehingga membuat Anda berisiko alami hipoglikemia atau kadar gula darah rendah.

Jika Anda memang ingin membeli alat cek gula darah agar bisa melakukan tes sendiri, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter yang menangani Anda. Pastikan bahwa Anda telah mengerti betul cara menggunakan alat tersebut dan bagaimana mengambil sampel darah yang benar.

semoga bermanfaat

Terimakasih 🙂

Jual Alat Check Up Gula Darah Accu Check Active Family Pack

Jual Strip Benecheck Kolesterol

Jual Alat Cek Up Gula Darah Glucose Dr Gluco AGM-4000 AGM4000

Bagikan informasi tentang Kadar Gula Darah Normal Dalam Tubuh kepada teman atau kerabat Anda.

Kadar Gula Darah Normal Dalam Tubuh | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Kadar Gula Darah Normal Dalam Tubuh

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 13%
Rp 345.000 Rp 397.000
Ready Stock
SIDEBAR
})