Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka Senin-Jum'at 07.00 s/d 20.00, Sabtu-Minggu 07.00 s/d 19.00
Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : strip cek, alat cek up, kolostomi bag, stetoskop, nebulizer, kursi roda, alat cauter, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, tensimeter, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Melayani Anda Layaknya Saudara
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Apa Saja Larangan Penderita Diabetes Dan Bagaimana Cara Mencegahnya.

Apa Saja Larangan Penderita Diabetes Dan Bagaimana Cara Mencegahnya.

Diposting pada 31 August 2018 oleh mastha medica

Kurangi kandungan gula pada makanan pokok.

Memiliki pola makan dan hidup sehat tentunya semua orang menginginkannya. Namun kebanyakan orang kurang memperhatikan pola makan yang dikonsumsinya. Makanan yang sehatpun terkadang ada yang kurang cocok bagi penderita penyakit tertentu, sperti contohnya penderita diabetes. Penderita diabetes dalam hal makanan harus sangat diperhatikan karena jika salah sedikit bisa berakibat fatal bagi kondisi tubuhnya. Seperti halnya dalam mengkonsumsi makanan pokok, yang semulanya setiap hari mengkonsumsi nasi putih disarankan untuk  beralih ke nasi beras merah atau brown rice karena sudah kita ketahui bahwa nasi putih mengandung banyak karbohidrat yang bisa berubah menjadi glukosa. Disarankan untuk beralih ke beras merah atau brown rice karena kandungan karbohidran di beras merah lebih sedikit dibandingkan dengan nasi putih. Sebenarnya ini langkah yang sangat efektif bagi penderita diabetes dalam menghindari makanan yang banyak mengandung gula.

Manfaat pemanis buatan bagi penderita diabetes.

Meskipun sering dijadikan kambing hitam dalam kesehatan, pemanis buatan ternyata juga bermanfaat bagi penderita diabetes karena tidak semua pemanis buatan terbuat dari bahan-bahan yang berbahaya. Ada juga pemanis buatan yang terbuat dari bahan alami dari tumbuh-tumbuhan atau dari gula itu sendiri. Contoh pemanis buatan alami yaitu madu, sirup jagung fruktosa, sukanat ( sari tebu ), sirup maple,dll.

Salah satu keunggulan pemanis buatan dibandingkan dengan gula yaitu pemanis buatan tidak menyebabkan kadar gula darah kita naik. Berbeda dengan gula karena pemanis buatan tidak mengandung karbohidrat, sedangkan karbohidrat yang dimiliki gula bisa menaikkan kadar gula dalam tubuh. Karena inilah pemanis buatan direkomendasikan bagi penderita diabetes.

Agar pemanis buatan tidak membahayakan bagi kesehatan kita maka kita juga harus memperhatikan rambu-rambu aturan pakai yang jelas. Pastikan pemanis buatan yang anda pakai telah teruji dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Makanan larangan penderita diabetes

  • Nasi PutihSudah dijelaskan diatas bahwa kandungan karbohidrat dari nasi putih lebih tinggi dibandingkan nasi beras merah, alangkah baiknya beralih ke nasi beras merah yang kandungan karbohidratnya lebih sedikit.
  • Kentang gorengKentang goreng merupakan sumber karbohidrat yang paling tingi. Akan sangat berbahaya jika penderita mengkonsumsi kentang goreng.
  • Yoghurt dan es krimYoghurt dan es krim adalah salah satu makanan yang mengandung kadar gula sangat tinggi. Bahan utama yoghurt dan es krim pada umumnya dari susu rendah lemak yang tinggi kadar karbohidrat dan gula.

  • Buah-buahan yang mengandung kadar gula tinggi.Kebanyakan orang mnganggap bahwa buah-buahan adalah makanan yang sehat bagi tubuh. Namun pernyataan seperti itu tidak berlaku bagi penderita diabetes. Ada beberapa buah yang menjadi pantangan penderita diabetes yaitu mangga, pisang, nanas, semangka, melon, sawo, alpukat, durian, kurma,dll.¬†
  • Soft drink dan minuman kemasan
    Minuman bersoda dan minuman kemasan memang menyegarkan saat cuaca panas. Namun minuman ini menjadi pantangan penderita diabetes karena mengandung gula dan bahan pengawet yang tentunya bisa memperburuk keadaan tubuh seseorang yang menderita diabetes.

Cara Mencegah Diabetes

Jaga berat badan

Seseorang yang memiliki berat badan lebih atau obesitas berpeluang lebih banyak terkena penyakit diabetes. Obesitas dapat meningkatkan resiko 20-40 kali lebih besar untuk mengalami diabetes. Jika berat badan anda berlebih, sebaiknya turunkan berat badan anda secara bertahap sampai normal.

Lebih banyak bergerak

Gaya hidup tidak aktif atau setender juga berperan mengembangkan resiko diabetes. Sering menggunakan badan untuk bergerak ternyata dapat meningkatkan kekuatan otot untuk menggunakan insulin dan menyerap glukosa.

Jaga asupan makan

Penjelasan diatas tentang makanan pantangan dabetes ternyata sangat berpengaruh banyak bagi kesehatan karena pemicu diabetes didapatkan dari makanan yang mengandung karbohidrat dan gula yang tinggi.

Tidur nyenyak

Dalam sehari setidaknya tubuh kita harus beristirahat selama 6 jam. Kurang tidur dapat meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh yang dapat meningkatkan insulin dan menyebabkan ketidakseimbangan gula darah.

Bagikan informasi tentang Apa Saja Larangan Penderita Diabetes Dan Bagaimana Cara Mencegahnya. kepada teman atau kerabat Anda.

Apa Saja Larangan Penderita Diabetes Dan Bagaimana Cara Mencegahnya. | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Apa Saja Larangan Penderita Diabetes Dan Bagaimana Cara Mencegahnya.

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR
})