Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka Senin-Jum'at 07.00 s/d 20.00, Sabtu-Minggu 07.00 s/d 19.00
Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : strip cek, alat cek up, kolostomi bag, stetoskop, nebulizer, kursi roda, alat cauter, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, tensimeter, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Melayani Anda Layaknya Saudara
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Apa Itu Diabetes Gestasional ?

Apa Itu Diabetes Gestasional ?

Diposting pada 12 December 2018 oleh mastha medica

Selama masa kehamilan, seorang wanita akan mengalami perubahan hormon yang dapat memengaruhi gula darah dalam tubuhnya. Itulah mengapa wanita hamil perlu sangat berhati-hati dalam mengonsumsi makanan tertentu. Kalau tidak, diabetes gestasional akibatnya.

Diabetes gestasional adalah diabetes yang terjadi saat kehamilan dan biasanya hanya berlangsung hingga proses melahirkan. Diabetes gestasional yang menyerang 9,2 persen wanita hamil ini umumnya terjadi di antara minggu ke-24 hingga 28 kehamilan, walau tidak menutup kemungkinan dapat terjadi di minggu manapun.

Pada diabetes gestasional, gula darah akan kembali normal segera setelah melahirkan. Tapi jika Anda pernah menderita diabetes gestasional, Anda berisiko mengidap diabetes tipe 2 di masa depan. Anda harus terus memeriksakan diri ke dokter untuk memantau dan mengelola gula darah Anda, karena bagi kebanyakan wanita, diabetes gestasional tidak menyebabkan tanda atau gejala yang nyata.

Ketika Anda menderita diabetes gestasional, Anda perlu rutin memeriksa kadar gula darah. Frekuensi tes gula darah nantinya akan bergantung pada hasil tes setelah Anda melahirkan bayi Anda.

Penyebab dan Faktor Risiko Diabetes Gestasional

Hadirnya diabetes gestasional ini tentu dapat dicegah. Salah satunya adalah dengan mengenali dan menghindari hal-hal yang memicu penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab dan faktor risiko yang memicu munculnya diabetes gestasional.

  • Insulin tidak bekerja dengan baik
    Selama masa kehamilan, seorang wanita akan mengalami perubahan hormon yang kemudian memengaruhi peningkatan kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini sebenarnya adalah hal yang wajar, karena kelebihan gula darah tersebut akan dihantarkan kepada bayi agar bayi dapat berkembang. Nah, pada saat gula darah meningkat, seharusnya tubuh juga memproduksi lebih banyak insulin agar glukosa yang masuk ke dalam janin tidak berlebih.
    Namun sayangnya, pada sebagian wanita, insulin tidak diproduksi dengan baik. Akibatnya, ibu mengalami diabetes gestasional saat hamil dan bayi tumbuh secara tidak wajar.
  • Riwayat diabetes gestasional
    Selain terjadi masalah pada insulin, risiko diabetes gestasional akan meningkat jika pada kehamilan sebelumnya Anda mengalami hal yang sama. Jadi, jika Anda pernah mengalami kondisi ini sebelumnya, cobalah untuk lebih berhati-hati pada kehamilan berikutnya.
  • Indeks massa tubuh
    Selama masa kehamilan, penting bagi Anda untuk terus mengontrol berat badan dengan mengetahui indeks massa tubuh. Karena jika indeks massa tubuh Anda lebih dari 30 selama masa kehamilan, itu artinya Anda termasuk dalam kategori obesitas. Pada level ini tubuh akan cenderung berisiko mengalami diabetes gestasional.
  • Bayi yang lahir sebelumnya mengalami makrosomia
    Makrosomia adalah kondisi di mana bayi lahir dengan berat badan 4,5 kg atau lebih. Cobalah ingat baik-baik berat anak Anda sebelumnya saat lahir, jika beratnya 4,5 kg atau lebih, sebaiknya Anda lebih memperhatikan perkembangan janin dan apa yang Anda konsumsi.

Gejala Diabetes Gestasional

Tidak semua wanita hamil dapat merasakan gejala diabetes gestasional, namun gejala tersebut dapat dirasakan saat gula darah melonjak tinggi (hiperglikemia), seperti:

  • Sering merasa haus.
  • Sering buang air kecil.
  • Mulut terasa kering.
  • Mudah merasa lelah.
  • Penglihatan buram.

Namun, tidak semua gejala yang tertera mengindikasikan kondisi diabetes gestasional. Bicarakan dengan dokter untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kondisi yang dialami.

Pengobatan Diabetes Gestasional

Demi kesehatan ibu dan bayi, terdapat beberapa langkah pengobatan yang biasa disarankan dokter, meliputi:

  • Memonitor kadar glukosa dalam darah. Untuk menghindari komplikasi lebih lanjut, dokter mungkin akan menganjurkan untuk memeriksa darah secara rutin, seperti 4 hingga 5 kali sehari, agar dapat dimonitor dengan baik. Hal ini biasa dilakukan dengan menggunakan suntikan jari kecil (lansetdan kadar glukosa dideteksi langsung menggunakan alat khusus. Jika diperlukan, dokter mungkin akan menyarankan untuk menyuntik atau mengkonsumsi insulin agar kadar glukosa terjaga hingga melahirkan.
  • Pemeriksaan ultrasound. Selain ibu, dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan rutin bayi dengan bantuan ultrasound untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan bayi. Selain itu, dokter juga dapat melihat Perkiraan Hari Lahir (PHL) sang bayi dan jika ibu tidak melahirkan sesuai dengan waktu yang diperkiraan, dokter dapat langsung mengambil tindakan secepatnya, seperti induksi atau operasi caesar. Dalam kasus tertentu, dokter mungkin akan menyarankan untuk melahirkan sebelum waktunya untuk menghindari komplikasi lanjutan.
  • Diet sehat. Bagi ibu hamil, khususnya yang didiagnosa penyakit diabetes gestasional, mengatur pola diet sehat sangat penting dilakukan, seperti mengkonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, hingga makanan dengan asupan serat, nutrisi dan rendah lemak. Penurunan berat badan sata hamil biasa tidak disarankan, namun hal ini dapat dilakukan saat merencanakan kehamilan. Bicarakan dengan dokter untuk mengetahui diet dan kadar nutrisi yang tepat untuk kondisi Anda.
  • Olahraga. Selain menjaga asupan makanan, olahraga juga kerap menjadi hal yang patut diperhatikan sebelum, saat dan setelah hamil. Dengan melakukan olahraga teratur, tubuh akan menstimulasi pemindahan glukosa menuju sel dan mengubahnya menjadi tenaga. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan kepekaan sel terhadap insulin sehingga kadar gula dalam darah lebih terkontrol. Sebagai tambahan, dokter biasanya menyarankan beberapa olahraga khusus untuk membantu mengurangi rasa tidak nyaman saat hamil seperti sakit punggung, kram otot, pembengkakan, konstipasi, kesulitan tidur hingga mempersiapkan pasien melewati masa melahirkan kelak.

Pengobatan untuk mengontrol diabetes gestasional berbeda untuk setiap kasus. Tanyakan pada dokter untuk pengobatan yang tepat untuk Anda.

Bahayanya Bagi Ibu dan Anak

Seorang wanita yang selama masa kehamilan menderita diabetes gestasional tidak hanya dapat mengandung bayi dengan berat di atas rata-rata. Beberapa komplikasi lainnya juga mungkin dapat terjadi. Misalnya saja, rendahnya mineral dan gula darah dalam tubuh bayi ketika dilahirkan. Gangguan pernapasan sementara atau bayi mengalami sakit kuning.

Berat badan janin yang berlebih juga dapat mengakibatkan kemungkinan munculnya cedera baik pada ibu atau anak selama masa persalinan. Biasanya, jika selama masa kehamilan dokter sudah dapat memrediksi besarnya bayi Anda, dokter akan menyarankan operasi caesar. Hal ini dilakukan guna menghindari cedera pada saat persalinan.

Selain itu, ibu yang selama masa kehamilannya menderita diabetes tipe ini juga cenderung berisiko mengalami keguguran, bayi lahir prematur, dan mengalami preeklamsia.

Jadi, mulailah untuk lebih memperhatikan apa yang Anda makan dan tetaplah kontrol porsinya. Jangan sampai Anda melakukan hal yang dapat membahayakan kesehatan janin dan diri Anda di kemudian hari. Ketahuilah, selain Anda yang nantinya dapat berisiko terkena diabetes tipe 2, anak yang lahir dari ibu yang mengalami diabetes gestasional juga berisiko menderita diabetes atau obesitas di kemudian hari.

Bunda, tidak selamanya bayi yang terlahir chubby itu lucu. Jadi, hindarilah pemikiran bahwa selama masa kehamilan Anda memerlukan makanan yang jauh lebih banyak dibanding sebelumnya. Daripada memperbanyak porsinya, lebih baik memperkaya nutrisinya. Tentu Anda tidak ingin membahayakan janin Anda, bukan?

 

Semoga Bermanfaat 🙂

El

 

link Produk Terkait :

Jual Strip Easy Touch Gula Darah

Jual Alat Tes Gula Darah Asam Urat Kolesterol Nesco 3in1 Gcu

Jual Alat Tes Cek Gula darah asam Urat Kolesterol Easytouch GCU 3 in 1

Jual Paket Alat Cek Up dan Strip Tes Gula Darah On Call Plus

Bagikan informasi tentang Apa Itu Diabetes Gestasional ? kepada teman atau kerabat Anda.

Apa Itu Diabetes Gestasional ? | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Apa Itu Diabetes Gestasional ?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 36%
Rp 90.000 Rp 140.000
Ready Stock
OFF 34%
Rp 170.000 Rp 257.000
Ready Stock
SIDEBAR
})